SELAMAT DATANG di Nipp Tech ......!!! semoga berkenan di hati...................Orang bilang........orang Indonesia tidak bisa berboewat apa-apa...............bangga pakai prodoek loewar negeri.........kita senang meniroe.............Orang Indonesia itoe malas..........soekanja ngoetang..............kita bisanja ikoet-ikoetan..........soekanja bitjara sadja............prodoek sendiri tidak berkwoealitas.............TETAPI ..ITOE TEMPOOH DOELOE.........................................Orang INDONESIA sebenarnya ...........bangga menjadi orang INDONESIA...........karynya diakui di negara lain...................berpengaruh di dunia Internasional................bisa bikin produk berkualitas.....BERPRESTASI...bahkan menjadi pelopor.............buktinya...........Prof.NELSON TANSU.Ph.D..salah satu peraih gelar Proffesorr termuda di Amerika,merupakan seorang pakar nano teknologi dan optoelektronika............dan siapa tak kenal Dr.YANUAR NUGROHO.seorang dosendan peneliti di Manchester Institute of Innovation Research dan peraih HALLSWORTH FELLOWSHIP AWARD 2010...................KEN K.SOETANTO,profesor penyadang gelar 4 Doktor di JEPANG................SUTARDJA .CEO&Pendiri Marvell Technology Group AS..............................ANDRE SURYA,Digital Artist dan Special Effect dalam Film IRON MAN ,TERMINATOR,TRANSFORMER,STAR TREK........................YOLANDA SANTOSO Braning &Motion Grafhic Designer untuk opening title Film 300.Desperate Housewives,Hulk,Herbie Fully Loaded,Ugly Betty.Yo menjadi nominator 3 Emmy Awards................dll

Rabu, 02 Februari 2011

TEKNIK MENYOLDER

TEKNIK MENYOLDER
Posted By: Nipp Tech
Dalam praktek elektronika, memasang atau melepas komponen diperlukan solder. Menyolder harus ada teknik dan cara-cara tertentu. Tidak boleh asal menyolder karena hasilnya bisa jadi tidak memuaskan atau rangkaian menjadi tidak bekerja sesuai dengan semestinya. Menyolder adalah kemampuan yang penting didalam elektronika.

Tiap titik sambungan komponen harus disolder. Penyolderan yang tidak sempurna dapat menyebabkan rangkaian tidak bekerja.dan sia-sialah waktu serta tenaga kita.

Untuk menyoder ada teknik dan caranya , ini dia:

1. Pilih solder yang berdaya 60-80 Watt untuk hasil yang sempurna.

2. Buatlah tatakan untuk menyolder jika diperlukan.

3. Gunakan timah yang bagus untuk hasil yang sempurna.

4. Sebelum kawat (kaki) komponen disolder, lebih baik dibersihkan / dikerik dulu dengan cutter untuk memudahkan menempelnya timah pada kawat / kaki komponen tersebut.

5. Pastikan solder sudah panas untuk memulai penyolderan

6. Pasang kaki komponen pada PCB kemudian tempelkan mata solder pada kawat / kaki komponen sebentar (agar panas dan memudahkan timah menempel), kemudian tempelkan timah sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak karena hasilnya menjadi tidak rapi. Ujung solder dan ujung timah menempel pada pad PCB dengan arah berlawanan. Jangan memberikan timah yang terlalu banyak.


inilah gambaran langkah demi langkah cara menyorder................









ini cara dan hasil solder yang sempurna...........................












ini cara solder yang tidak memuasakan



sekian dulu....postingan kali ini............bersambung...................





semoga bermanfaat...................success selalu...!!!